Pengertian dan Macam Macam Kanker Kulit

Kanker kulit merupakan perubahan sel abnormal pada lapisan luar kulit dan jenis kanker yang paling umum di dunia. Kebanyakan kasusnya dapat disembuhkan. Namun, setiap tahun insiden kanker kulit terus meningkat.

Kanker kulit tiga kali lebih sering terjadi pada pria dibandingkan wanita dan risikonya meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Kebanyakan orang yang didiagnosis kanker kulit berusia 45 dan 54 tahun. Meski demikian, besar juga kemungkinannya terjadi pada orang yang lebih muda.

 

Jika ada kerabat dekat yang memiliki kanker kulit, Anda berisiko lebih besar mengalaminya juga. Selain itu, geografi dan ras juga menjadi faktor kemungkinan, di mana tingkat kanker kulit tertinggi dimiliki orang-orang berkulit putih.

Kanker kulit sangat muda dideteksi sejak awal, karena penampakan tumor di permukaan kulit. Inilah yang membuat pengobatannya menjadi lebih mudah disembuhkan.

Kanker kulit terbagi dalam dua kategori utama, yakni melanoma dan nonmelanoma. Melanoma dimulai dalam jaringan berpigmen, seperti tahi lalat atau tanda lahir, serta pigmentasi kulit. melanoma berpotensi agresif dan mengancam jiwa. Sebenarnya mudah terdeteksi dan bisa disembuhkan jika diobati sejak dini.

Hanya saja, pertumbuhan sel kanker ini berlangsung lebih cepat daripada jenis lain. Melanoma juga dapat menyebar di luar kulit dan mempengaruhi berbagai bagian tubuh, termasuk tulang atau otak. Jika itu sudah terjadi, melanoma jadi sangat sulit diobati dan disembuhkan.

Dua kanker kulit yang paling umum, karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa, termasuk dalam jenis nonmelanomas dan jarang mengancam nyawa. Jenis ini jarang menyebar di luar kulit dan dapat dengan mudah dideteksi sehingga mudah disembuhkan. Karsinoma sel basal tumbuh sangat lambat. Sedangkan karsinoma sel skuamosa lebih agresif dan lebih cenderung menyebar.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *