Cara Mengobati Panu dengan Bahan Alami Dengan Mudah

Panu, merupakan salah satu penyakit kulit yang dapat menyerang siapa saja. Tidak menutup kemungkinan, baik itu orang kaya ataupun miskin, orang yang sibuk atau malas, mempunyai kemungkinan untuk dapat terserang panu jika orang tersebut kurang menjaga kebersihan tubuhnya.

Area yang paling sering terserang oleh panu adalah bagian tubuh yang mempunya kulit yang lapang seperti punggung, dada, bahkan ada beberapa panu yang terjadi pada kulit wajah. Jika anda suka merasa gatal ketika anda berkeringat, waspadalah, ada kemungkinan kulit yang gatal itu terdapat panu. Mungkin anda memerlukan cara mengobati panu dari kami yang akan kami bahas kali ini.

Cara Mengobati Panu

Sebenarnya terdapat banyak cara untuk mengobati penyakit panu, tetapi ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa sebenarnya yang dapat menimbulkan panu pada kulit kita. penyebab utamanya adalah jamur yang biasa disebut pityrosporum ovale, jamur inilah yang menjadi penyebab utama timbul panu pada kulit kita. Keringat yang dibiarkan terlalu lama menempel pada kulit juga mempunyai kemungkinan menjadi tempat berkembang biaknya jamur.

Langsung saja kita berikan cara mengobati panu yang menggunakan bahan alami

  • Lengkuas – ambil sepotong lengkuas kemudian parut dan campurkan dengan minyak tanah, lalu gosokan pada bagian yang tumbuh panu.
  • Kunyit – caranya sama seperti menggunakan lengkuas, tetapi setelah diparut campurkan dengan garam kasar, kemudian gosokan pada bagian tubuh yang terdapat panu.
  • Daun kemanggi – Cara mengobati panu yang satu ini yang membutuhkan paling banyak bahan, ambil beberapa daun kemanggi kemudian tumbuk dengan dicampur oleh kapus sirih, mentimun dan juga belerang secukupnya. Setelah halus ramuan tadi digosokan pada bagian tubuh yang timbul panu.
  • Daun Leunca – Ambil beberapa pucuk daun leunca, campurkan dengan garam kemudian kukus dengan dibungkus dengan daun pisang. Setelah matang, ambil kukusan tadi lalu gosokan pada area yang tumbuh panu.
  • Daun pare – ambil beberapa pucuk daun pare dicampur dengan kapus sirih, kemudian tumbuk tumbuk hingga halus, setelah halus oleskan dan gosok daun pare tadi pada kulit yang terkena panu.
  • Bawang putih – ambil satu suing bawang putih, belah menjadi 2. Irisan tadi dioleskan pada bagian yang terkena panu pada pagi dan malam hari. Lakukan hal ini terus menerus hingga panu akhirnya kering dan hilang dengan sendirinya.

 

Itulah beberapa cara mengobati panu yang menggunakan bahan alami, semoga dapat menyembuhkan panu yang anda alami.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *